Memindahkan Isi Mailbox ke Mailbox Lain

Suatu ketika saya pernah dimintai saran, bagaimana cara menggabungkan 2 (dua) buah mailbox di Exchange Server yang dimiliki oleh orang yang sama. Ceritanya, selama ini orang tersebut memiliki 2 mailbox. Tetapi karena repot bolak-balik harus bergantian login untuk mengakses mailbox-mailbox tersebut, akhirnya menyerah dan hanya ingin mengurus 1 mailbox saja.
Untuk memenuhi kondisi ini, salah satu mailbox harus dihapus. Seluruh email yang ditujukan ke alamat tersebut harus di-redirect ke alamat email yang satunya lagi (yang ingin dipertahankan). Yang tidak kalah penting lainnya adalah, memindahkan isi mailbox yang akan dihapus ini ke mailbox yang hendak dipertahankan. Tulisan ini akan membahas langkah-langkah yang harus dilakukan.
2 buah alamat email yang dijadikan studi kasus adalah: zikri@contoso.co.id dan zikrijuga@contoso.co.id. Alamat email zikri@contoso.co.id ingin dipertahankan, sedangkan zikrijuga@contoso.co.id akan di-merger dengan zikri@contoso.co.id.
Langkah 1: Memindahkan Mailbox zikrijuga@contoso.co.id ke zikri@contoso.co.id
Masuk ke Exchange Management Shell dan jalankan perintah berikut:
Export-Mailbox –identity zikrijuga@contoso.co.id –TargetMailbox zikri@contoso.co.id –TargetFolder Pindahan
Pada perintah di atas, hasil yang diperoleh adalah seluruh content dari mailbox zikrijuga@contoso.co.id akan di-pindah-lokasi-kan ke sebuah folder bernama Pindahan di mailbox zikri@contoso.co.id.
Mailbox-Merge
Perintah di atas dapat dimodifikasi untuk menyertakan (Include) atau mengabaikan (Exclude) folder-folder tertentu, seperti “Sent Items”, “Contacts”, dsb, dengan menggunakan option –IncludeFolders dan/atau –ExcludeFolders.

Langkah 2: Hapus Mailbox zikrijuga@contoso.co.id
Masuk ke Exchange Management Shell dan jalankan perintah berikut:
Remove-Mailbox –identity zikrijuga@contoso.co.id
Perintah tersebut akan menghapus alamat email zikrijuga@contoso.co.id, dan tentunya content mailbox-nya juga. Dengan demikian, pada saat ini tidak ada yang dapat mengirimkan email ke alamat zikrijuga@contoso.co.id. Anda dapat juga menggunakan GUI pada Exchange Management Console, untuk menghapus mailbox tersebut.
Tips: Untuk alasan security, lebih disarankan agar login untuk user zikrijuga sebaiknya dihapus (tidak ada alasan bagi siapa pun untuk memiliki lebih dari 1 login account pada Active Directory).
Pertanyaan berikutnya, bagaimana jika user ini tetap ingin dapat menerima email yang dikirimkan ke alamat tersebut? Jika ini yang diharapkan, silahkan lanjutkan ke langkah 3.

Langkah 3: Menambahkan alamat alias zikrijuga@contoso.co.id ke mailbox zikri@contoso.co.id
Gunakan Exchange Management Shell untuk menambahkan email zikrijuga@contoso.co.id ke account zikri@contoso.co.id
$Temp = Get-Mailbox -Identity zikri@contoso.co.id
$Temp.EmailAddresses.Add("smtp:zikrijuga@contoso.co.id")
Set-Mailbox -Instance $Temp
Pada langkah-langkah di atas, kita meng-copy informasi mailbox zikri@contoso.co.id ke dalam memory (pada variabel $Temp), lalu menambahkan alamat email tambahan zikrijuga@contoso.co.id ke dalam variabel tersebut. Lalu menuliskan catatan dalam memory tersebut ke dalam sistem. Langkah-langkah ini dapat dilakukan juga pada Exchange Management Console dengan membuka properties dari mailbox zikri@contoso.co.id, lalu menambahkan alamat email tambahan tersebut.
Mailbox-Properties
Pada saat ini mailbox zikri@contoso.co.id juga akan menampung semua email yang dikirimkan ke alamat zikrijuga@contoso.co.id.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Memindahkan Isi Mailbox ke Mailbox Lain ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Memindahkan Isi Mailbox ke Mailbox Lain
 

0 komentar:

Posting Komentar