Membuat Layanan Email Gratis Sendiri (Bagian 1)

Mau bagi-bagi alamat email gratis dengan nama domain sendiri? (misalnya namakamu@teman.zikri.com). Seperti halnya saya menyediakan email gratis dengan nama domain email @teman.zikri.com, Anda pun bisa melakukannya sendiri!
Syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah kepemilikan nama atas sebuah domain (seperti saya, punya domain zikri.com). Ada banyak situs tempat membeli nama domain (mungkin tepatnya sewa, karena setiap tahun kita mesti membayar nama domain, dengan biaya berkisar USD 10/tahun untuk sebuah nama dotcom). Contoh situs tempat mendapatkan nama dotcom yang menjadi favorit saya di antaranya adalah GoDaddy dan Joker. Setelah memiliki sebuah nama, Anda harus punya server! Tapi tidak perlu khawatir, sekarang ada banyak penyedia jasa hosting server dengan biaya murah, tapi memiliki fasilitas yang OK. Contoh penyedia jasa hosting yang saya pakai adalah Indoglobal. Paket termurah yang bisa Anda dapatkan seharga Rp 20.000,00/bulan untuk disk space sebesar 20MB. Tidak perlu khawatir dengan kecilnya space pada paket ini. Karena yang kita butuhkan adalah sekedar server yang membolehkan kita meng-edit data DNS sendiri. Tidak semua jasa hosting menawarkan fitur ini.
Jika Anda sudah memenuhi syarat di atas, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan nama domain atau nama sub-domain yang hendak dibikinkan layanan email gratisnya. Pendaftaran dilakukan pada situs Windows Live Domain, di alamat http://domains.live.com. Pilih New to Admin Center? Get Started.
00-Welcome screen
Pastikan Anda memilih konfigurasi setup untuk email. Berikutnya Anda harus memasukkan nama domain atau sub-domain yang hendak dibuatkan free email services-nya.
01-Register
Setelah itu Anda diminta untuk login menggunakan alamat email yang telah terdaftar sebagai Windows Live ID (baca artikel tentang apa itu Windows Live ID di link ini). Identitas ini akan selalu dipakai untuk meng-administrasi domain kita di Windows Live Domain.
02-Sign-in
03-Agree
Proses registrasi diakhiri dengan konfigurasi DNS di sisi tempat meng-hosting domain kita. Sekali lagi, pastikan perusahaan jasa hosting server yang kita pakai memiliki fitur editor DNS. Di sini kita perlu menambahkan beberapa entri pada DNS, di antaranya MX record (untuk menerima email pada nama domain dimaksud), SPF record (untuk mengirim email dari domain yang diinginkan), dan (optional) kita bisa menambahkan record untuk federasi instant messenger. Windows Live akan memberikan data baris apa yang mesti kita tambahkan di DNS, seperti contoh untuk domain live.zikri.com pada gambar di bawah ini.
04-DNS-Config
Setelah data DNS di sisi server tempat kita meng-hosting domain, biasanya diperlukan waktu propagasi di Internet. Tunggu beberapa saat (Bisa jadi 1-2 jam, jika ternyata DNS server yang dimiliki oleh penyedia jasa hosting ada banyak. Biasanya begitu.). Setelah itu anda bisa kembali masuk ke situs domains.live.com, dan meng-administrasi email di domain Anda.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membuat Layanan Email Gratis Sendiri (Bagian 1) ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membuat Layanan Email Gratis Sendiri (Bagian 1)
 

0 komentar:

Posting Komentar