Membuat Anonymous Relay di Microsoft Exchange

Idealnya, semua client yang hendak mengirim email melalui server SMTP harus ter-autentikasi. Ini akan menjamin bahwa semua email yang lewat berasal dari sumber yang jelas (bukan spam). Namun demikian, kadangkala terdapat keterbatasan-keterbatasan pada sisi client yang membuat proses autentikasi tidak dapat dilakukan, misalnya pada sebuah program backup yang akan mengirimkan email pemberitahuan setiap kali selesai menjalankan tugasnya. Bisa juga karena sebab-sebab lainnya (misal client menggunakan sistem operasi dan/atau aplikasi yang tidak mendukung autentikasi pada server SMTP.
Berikut ini adalah cara membuat anonymous relay pada server SMTP berbasis Microsoft Exchange Server (berlaku untuk Exchange 2007 dan Exchange 2010).
Langkah pertama adalah membuat receive connector baru (terletak di Server Configuration > Hub Transport, lalu klik nama server yang ingin dijadikan sebagai SMTP Anonymous relay. Di bagian bawah terdapat tab Receive Connectors. Buatlah sebuah receive connector baru di situ, misal bernama Anonymous Relay. Pada pilihan template, pastikan Anda memilih: Custom.
new-receiveconnector
Mungkin saja Exchange Server Anda memiliki lebih dari 1 alamat IP (misal karena memiliki 2 network adapter card). Walau pun ternyata tidak, tetap saja pada tab Network, di bagian yang menyebut “Use these local IP addresses to receive mail” sebaiknya Anda hanya memasukkan 1 alamat IP yang dimiliki server tersebut (biasanya, hanya IP lokal). Dalam contoh di bawah ini alamat IP server yang dimasukkan adalah 192.168.0.249.
Selanjutnya, bagian penting lainnya dari proses ini adalah memasukkan alamat IP dan/atau segmen IP dari komputer-komputer yang ingin dapat mengirimkan email tanpa melalui proses autentikasi (anonymous). Masukkan alamat-alamat tersebut (IP address dan/atau IP range dan/atau IP subnet) pada bagian bawah (“Receive mail from remote servers that have these IP addresses”).
network-range
Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa “Anonymous users” terpilih pada tab Permission Groups.
permission-group
Finalisasi dari langkah inii adalah menjalankan perintah di bawah ini pada Exchange Management Shell:
Get-ReceiveConnector “Anonymous Relay” | Add-ADPermission -User “NT AUTHORITY\ANONYMOUS LOGON” -ExtendedRights “Ms-Exch-SMTP-Accept-Any-Recipient”
Jangan lupa bahwa “Anonymous Relay” adalah nama receive connector yang kita buat tadi. Jadi, sesuaikan nama ini dengan nama yang Anda buat.
catatan: jika suatu saat nanti masih ada IP atau kelompok IP lain yang ingin diperlakukan sama (bisa mengirim email tanpa autentikasi), cukup edit receive connector yang sudah dibuat (Anonymous Relay) di atas.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Membuat Anonymous Relay di Microsoft Exchange ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Membuat Anonymous Relay di Microsoft Exchange
 

0 komentar:

Posting Komentar