Konsep dan Teknis Clustering Server (Bag. 1)

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan
Dear All,
Berikut ini saya sharing tentang Konsep Dasar tentang Clustering Server serta teknis atau step by step cara membangun Server System dengan Cluster Technology ( akan saya bagi atas beberapa artikel nanti ). Cluster Technology ini saya kenal, saya pelajari dan saya dalami serta saya implementasikan sewaktu studi di Singapore. Semoga sharing saya ini dapat menjadi inspirasi pemahaman lebih mendalam serta menjadi pedoman bagi rekan-rekan yang terjun menjadi IT Profesional sehingga dapat memberikan solusi dan benefit bagi perusahaan yang melakukan implementasi Cluster Technology ini.
~~~
Tujuan utama daripada Clustering Server adalah :
1. HIGH AVAILABILITY SERVER SYSTEM
Artinya : dengan Clustering Server ini akan memperoleh ZERO DOWNTIME SERVER karena jika salah satu Server mengalami DOWN maka Server yang lain akan melakukan TAKEOVER secara otomatis sehingga User dan Aplikasi tidak terasa jika terjadi perpindahan Server yang aktif.
2. HIGH PERFORMANCE SERVER SYSTEM
Artinya : Khususnya pada Clustering Database Server ORACLE ( Oracle Real Application Cluster / RAC ), untuk Oracle Enterprise Edition versi 10g dan 11g mampu membangun sebuah Clustering Oracle RAC hingga 100 NODE Server alias 100 Server tersebut bekerja semua secara AKTIF-AKTIF Server sehingga performance Database Oracle RAC yang kita bangun tersebut akan memiliki performance atau kinerja sejumlah server yang kita miliki. Hal ini berbeda pada KONTEKS Clustering-nya Windows Server ( Windows 2000 Advanced Server, Windows 2003 Server, Windows 2008 Server ) yang berjalan secara AKTIF-PASIF Server, artinya sekalipun kita punya 10 Server Cluster dengan fungsional dari Windows Cluster Services maka hanya 1 Server yang bekerja secara Aktif dan 9 Server yang lain hanya sebagai Standby Server saja. So… berharap Microsoft di waktu yang akan datang dapat mengembangkan Technology Cluster di Windows Server-nya menjadi AKTIF-AKTIF Server.
# Kalau menurut kesimpulan dari pengalaman implementasi saya, Clustering Server merupakan Simplikasi daripada SERVER MAINFRAME ( yang harganya ratusan juta bahkan berbunyi M ). Dengan Clustering Server ini kita bisa mendapatkan BENEFIT daripada Mainframe tapi kita dapat melakukannya dengan prinsip “PAY AS YOU GROW”. Kita cukup membeli server yang uptodate sesuai baudget yang tersedia dan di waktu mendatang jika kebutuhan performance Server lebih tinggi maka kita tinggal beli server dan melakukan ADD NODE SERVER.
~~~
Perbedaan Clustering Server System dan Mirroring Server System adalah :
A. Clustering Server System :
- Hardware Server tidak harus Identik ( baik Merk, Type maupun Spek Server yang digunakan ).
- Jika terjadi FAILOVER, Cluster Server bisa melakukan TAKEOVER Server System tanpa intervensi dari Administrator atau Server Operator.
- Clustering Server membutuhkan SHARED Storage berupa SAN, NAS, FreeNAS, External harddisk dual Firewire dan semacamnya. Dalam tanda kutip bahwa Clustering HARUS pake Shared Storage.
- Clustering Server minimal dibangun diatas 2 buah NODE Server ( bahkan hingga ratusan server ) dan sebuah SHARED STORAGE, selanjutnya kita bisa menambah jumlah NODE Server sesuai kebutuhan perusahaan.
~
B. Mirroring Server System :
- Hardware Server harus Identik ( baik Merk, Type maupun Spek Server yang digunakan ).
- Jika terjadi FAILOVER, Mirror Server bisa melakukan TAKEOVER Server System dengan intervensi atau action dari Administrator atau Server Operator. Untuk menjalankan Script yang sudah disiapkan ataupun melakukan konfigurasi secara manual ( pengalihan fungsi server dari MIRROR A ke MIRROR B ).
- Mirror Server tidak harus membutuhkan SHARED Storage btapi bisa juga mengunakannya sebagai Optional saja. Dalam tanda kutip bahwa Clustering TIDAK HARUS pake Shared Storage.
- Mirror Server umumnya dibangun diatas 2 buah NODE Server yang identik…
~~~
Basic Konsep Clustering Server :

Adalah seperti gambar dibawah ini :

Hardware yang dibutuhkan untuk masing-masing server adalah sebagai berikut :

Berikut ini adalah contoh implementasi Clustering Server untuk Cluster DCSERVER ( Domain Controller Server ), FILESERVER, DBSERVER ( Oracle RAC ), WebServer, dll :

Sedangkan contoh implementasi-nya pada Data Center adalah seperti gambar dibawah ini dan dokumentasi saya ini adalah REAL IMPLEMENTASI disuatu perusahaan besar di Surabaya, bukan artikel Copas yach. Okey, semoga bermanfaat bagi semuanya dan jika ada hal yang kurang jelas dapat request atau konsultasi via email ke : progtel2004@yahoo.com.

Desain ini di bangun pada 2 buah Rack Server dimana masing-masing Rack Server ditempatkan pada ruang Data Center yang berbeda lokasi serta antar lokasi ini dihubungkan dengan Switch Gigabytes dengan BackBone FiberOptic dengan speed 2 Gbps8 Gbps

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Konsep dan Teknis Clustering Server (Bag. 1) ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 23 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Konsep dan Teknis Clustering Server (Bag. 1)
 

0 komentar:

Posting Komentar