Migrasi IMAP/POP3 Mailbox ke Exchange Server 2007

Seringkali proses implementasi messaging system yang dilakukan bukan merupakan project yang benar-benar dimulai dari nol. Sebagai bagian dari salah satu implementasi wajib di sebuah perusahaan adalah keberadaan email di perusahaan. Email merupakan bagian dari messaging system dalam artian yang luas. Sehingga, ketika akan mengimplementasikan teknologi Microsoft Exchange di sebuah perusahaan, ada kemungkinan di sana telah ada teknologi email terdahulu.
Salah satu wishlist yang acapkali diinginkan ketika terjadi proses implementasi Exchange Server adalah memindahkan isi mailbox dari server lama (yang biasanya menggunakan IMAP atau POP3) ke mailbox di server Microsoft Exchange.
Untuk memenuhi kebutuhan di atas, Anda dapat menggunakan Microsoft Transporter Suite, yang disediakan untuk melengkapi Microsoft Exchange 2007. Perangkat lunak ini bisa di-download di alamat ini (tersedia versi 32bit dan 64bit). Microsoft Transporter Suite (selanjutnya kita sebut Transporter saja) dapat di-install di semua komputer berbasis Windows (minimal Windows XP) baik desktop atau server. Prerequisite di komputer tersebut yang mesti dipenuhi sebelum instalasi adalah:
  • .NET Framework 2.0
  • Microsoft Management Console 3.0
  • Windows Shell 1.0
  • Exchange Management Console 2007
Pada waktu instalasi, cukup pilih "Transporter for Internet Mail" seperti gambar di bawah.
TransporterInternetMail
Setelah instalasi selesai dilakukan, langkah pertama yang mesti Anda siapkan adalah membuat file .CSV (comma separated value) yang berisi beberapa atribut yang diperlukan untuk proses migrasi. Baris pertama berisi nama-nama kolom (atribut), baris kedua dan seterusnya berisi data user yang akan dipindahkan mailbox-nya. Atribut-atribut yang diperlukan adalah:
  • SourceIdentity: berisi alamat email IMAP/POP3 yang akan dipindahkan
  • SourceServer: berisi nama server IMAP/POP3 yang hendak dipindahkan
  • SourceLoginID: berisi username yang dipakai untuk mengakses IMAP/POP3 mailbox yang ingin dipindahkan
  • SourcePassword: berisi password pasangan dari username tersebut
  • TargetIdentity: berisi alamat email Exchange 2007/identitas Active Directory yang menjadi target (bisa jadi alamat emailnya sama dengan format SourceIdentity).
Anda dapat membuat file tersebut menggunakan Excel, lalu di-SaveAs CSV, atau menggunakan Notepad, dsb.
CSV
File CSV yang dihasilkan akan dibaca oleh Transporter ketika Anda menjalankan program tersebut (ketika Anda meng-klik "Add Mailboxes" seperti pada gambar di bawah).
 AddMailboxes
Sebuah warning akan muncul, memperingatkan bahwa password yang terdapat pada file tersebut akan tersimpan secara lokal, pada sebuah file bernama InternetMailbox.tbin. Abaikan saja (klik OK). Selanjutnya akan muncul daftar alamat email yang hendak di-migrasi (gambar di bawah).
MailboxReady
Klik mailbox yang hendak dimigrasi (jika lebih dari satu, silahkan pilih semua alamat yang hendak dipindahkan), lalu klik kanan, pilih "Migrate Selected Mailboxes".
Berikutnya Anda akan diminta memilih tipe mailbox asal, apakah IMAP atau POP3. Jika IMAP atau POP3 server Anda tidak menggunakan teknologi secure IMAP/POP3, pastikan checkbox "Allow copying Internet mailbox contents over an unsecure connection" dipilih. Lalu pilih nama Exchange Server yang menjalankan role CAS (Client Access Server) yang terdekat (satu site) dengan lokasi mailbox server yang menjadi target.
 MailboxType
Pertanyaan berikutnya yang akan muncul adalah rentang waktu isi email yang akan dipindahkan, semua atau hanya pada rentang tanggal tertentu saja (jika Anda akan memindahkan ribuan user atau ber-giga-gigabytes mailbox, sebaiknya batasi hanya email terbaru saja (misal 1 bulan terakhir). Ini untuk mengurangi waktu pemindahan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan hitungan hari pada kasus ribuan user!
 DateRange
Ketika proses selesai, Anda akan mendapatkan seluruh isi email yang dipilih akan ter-migrasi ke lokasi mailbox di Exchange Server 2007!

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Migrasi IMAP/POP3 Mailbox ke Exchange Server 2007 ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Migrasi IMAP/POP3 Mailbox ke Exchange Server 2007
 

0 komentar:

Posting Komentar