Konfigurasi Outlook Anywhere pada Exchange Server 2007

Microsoft Exchange Server tidak sekedar sebuah email server. Kondisi ini yang sering kurang dimengerti oleh banyak orang. Sebagai akibatnya, banyak orang berpikiran bahwa fungsi Exchange Server sebagai email server berbayar cukup digantikan oleh produk-produk lain yang bahkan bisa diperoleh dan digunakan secara gratis.
Selain sebagai email server, Exchange Server juga dapat digunakan untuk mengelola kalender (jadwal meeting, agenda kegiatan pribadi, dsb), reminder, buku alamat, dsb. Fungsi-fungsi tersebut dapat diakses dari PC/PDA/smartphone yang dilengkapi dengan Microsoft Outlook (atau program sejenis; misal pada handphone merk Nokia tipe-tipe tertentu terdapat aplikasi yang bernama Mail for Exchange). Komunikasi antara client dan server Exchange menggunakan komunikasi via RPC (Remote Procedure Call). Tanpa menggunakan RPC, pengguna hanya dapat mengakses kotak surat (inbox) menggunakan protokol POP3 dan/atau IMAP.
Penggunaan komunikasi melalui RPC pada sebuah jaringan lokal (LAN) tidak memiliki kendala atau pun hambatan. Namun, ketika digunakan dari luar LAN kantor (misal sedang berada di rumah atau di luar kota) dan terhubung melalui Internet, bisa dipastikan komunikasi via RPC tidak dapat dilakukan. Hal ini terkait dengan penggunaan port komunikasi yang bersifat dinamik pada RPC. Akibat tidak standarnya nomor-nomor port yang digunakan, bisa dipastikan komunikasi ini akan terbentur pada firewall yang sangat mungkin dijumpai di sepanjang perjalanan. Mulai dari firewall milik provider Internet yang digunakan di rumah/hotel, sampai ke firewall yang ada di kantor sendiri. Akibatnya, komunikasi antara Outlook (yang terdapat di PC, notebook atau PDA) milik user dan Exchange Server tidak dapat terjadi.
Untuk mengatasi masalah tersebut, kita dapat mengaktifkan fitur Outlook Anywhere di sisi Exchange Server dan juga mengkonfigurasi Microsoft Outlook pada sisi pengguna.
Konfigurasi pada Exchange Server
Langkah awal yang dilakukan adalah meng-install komponen RPC over HTTP. Penambahan komponen ini dilakukan melalui Add/Remove Programs – Add/Remove Windows Components, pilih Networking Services, klik Details:
01-networking
Lalu pilih RPC over HTTP Proxy:
02-prc
Setelah instalasi ini selesai, selanjutnya kita buka Exchange Management Console. Masuk ke Server Configuration, lalu pilih Client Access. Jika terdapat lebih dari 1 (satu) buah Exchange Server pada network Anda, pilih-lah salah satu di antaranya (yang berhadapan langsung dengan Internet). Pada contoh di bawah ini, saya memilih server yang bernama EXCHSRV-JKT. Selanjutnya lihat ke sisi kanan, ada menu untuk meng-Enable Outlook Anywhere. Klik link tersebut.
03-enable
Berikutnya akan muncul jendela untuk mengkonfigurasi nama server yang akan digunakan di Internet (yang umum digunakan adalah mail.namadomainanda.com). Dalam contoh di bawah ini saya menggunakan nama mail.contoso.co.id. Pada bagian bawahnya, Anda dapat memilih setting metoda otentikasi yang akan digunakan; bisa pilih Basic Authentication atau NTLM Authentication. Apa pun yang Anda pilih, yang terpenting adalah konsistensi metoda dengan yang terdapat pada IIS dan Outlook. Klik Enable.
04-set-auth
Untuk memastikan bahwa konfigurasi sukses dilakukan, pastikan bahwa terdapat folder RPC pada Default Website di server yang kita pilih melalui Internet Information Services (IIS) Manager. Pastikan juga pada folder tersebut terdapat sebuah file bernama RpcProxy.dll. Jika tidak ada, artinya setting gagal, atau Anda salah membuka server :-p
05-cek-rpc
Hal lain yang bisa diperiksa adalah memastikan bahwa metoda otentikasi yang dipilih pada bagian di atas sama persis dengan yang terdapat pada properties di folder RPC ini. Lihat pada tab Directory Security, lalu di bagian Authentication and access control:
06-cek-auth

Konfigurasi pada Microsoft Outlook
Setelah konfigurasi di sisi server selesai, selanjutnya kita harus melalukan konfigurasi di sisi user. Buka menu Tools – Account Settings pada Microsoft Outlook. Pilih nama account yang mengakses Microsoft Exchange Server, lalu klik Change. Selanjutnya pilih More Settings… untuk masuk ke menu konfigurasi Outlook Anywhere.
Masuk ke tab Connection, lalu centang kotak Connect to Microsoft Exchange using HTTP pada bagian bawah. Selanjutnya klik button Exchange Proxy Settings…
07-outlook-set
Sesaat kemudian Anda akan melihat jendela untuk mengkonfigurasi Outlook Anywhere seperti gambar di bawah.
08-proxy-set
Masukkan nama external dari Exchange Server yang telah dikonfigurasi pada bagian awal tadi (mail.contoso.co.id), pada bagian URL. Untuk memastikan bahwa Exchange Server mengakses server yang benar, kita juga dapat memilih untuk mengisi kotak yang ke-dua: msstd:mail.contoso.co.id. Namun demikian, bagian ini adalah optional. Yang terakhir, jangan lupa menyamakan metoda otentikasi yang digunakan (Basic Authentication atau NTLM Authentication).

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Konfigurasi Outlook Anywhere pada Exchange Server 2007 ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Konfigurasi Outlook Anywhere pada Exchange Server 2007
 

0 komentar:

Posting Komentar