3rd Party Exchange Certificate

Berbeda dengan Exchange versi sebelumnya, implementasi Exchange Server 2007 'memaksa' pengguna untuk mengimplementasikan certificate. Implementasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan standar keamanan dalam komunikasi data.
Masalah umum yang seringkali terjadi pada implementasi ini adalah ketika user mengakses alamat situs OWA (Outlook Web Access), https://mail.namadomain.com/owa, akan muncul pesan error seperti gambar di bawah (The security certificate presented by this website was not issued by a trusted certificate authority):
 WebCertificateError
Pesan error ini sebenarnya tidak menjadi masalah. Browser Anda 'hanya' melaporkan bahwa certificate yang dipakai di situs tersebut tidak dikeluarkan oleh otoritas yang dikenalnya. Ini terjadi karena secara default Exchange Server men-generate sendiri certificate untuk keperluan dirinya. Namun demikian, jika organisasi Anda besar (ada ratusan atau bahkan ribuan user), tentunya akan menjadi kerepotan tersendiri untuk menjelaskan hal tersebut setiap kali ada yang bertanya.
Pada saat ini ada banyak otoritas (pihak ketiga) di Internet yang bisa mengeluarkan certificate untuk keperluan Exchange Server Anda. Certificate yang dibeli dari pihak ketiga yang bonafid menjamin bahwa pesan error seperti di atas tidak akan muncul kembali. Namun tentunya ada biaya yang harus dibayarkan.
Untuk implementasi Exchange Server, biasanya kita akan memerlukan beberapa buah nama sekaligus. Misalnya:
  • exchsrv.corp.zikri.local (untuk nama internal)
  • mail.zikri.com (untuk nama Internet)
  • autodiscover.zikri.com (untuk implementasi Autodiscover pada Exchange 2007)
  • ocs.zikri.com (misal ini adalah nama Office Communications Server 2007 Anda, jika diimplementasikan)
Dari nama-nama di atas, yang paling mungkin diimplementasikan minimal 2 nama, rata-rata 3 nama, selebihnya bisa lebih dari 3 nama. Ke-semua nama tersebut harus diimplementasikan dalam 1 certificate. Istilahnya Subject Alternate Name (SAN). Pada banyak otoritas penerbit certificate seringkali disebut UC (Unified Communications) Certificate. Pastikan ketika Anda ingin membeli certificate untuk beberapa nama dalam 1 buah certificate, pastikan otoritas yang Anda pilih menawarkan paket ini. Harga yang ditawarkan bervariatif, tapi rata-rata sekitar USD 300/tahun untuk 4-5 buah nama dalam 1 certificate.
Ketika Anda memutuskan memilih salah satu certificate authority yang ada (silahkan searching: Exchange Certificate Authority), mereka akan meminta Anda memasukkan request key yang berasal dari Exchange Server Anda. Request key yang dimaksud haruslah memuat informasi tentang berbagai nama yang hendak didaftarkan, nama organisasi, nama unit, nama kota dan negara. Untuk memenuhi permintaan ini, Anda harus mengeksekusi sebuah perintah melalui Exchange Management Shell di server:
New-ExchangeCertificate -GenerateRequest -Path c:\certreq.txt
-SubjectName "c=ID, s=DKI Jakarta, l=Jakarta, o=Zikri Corporation, ou=Corporate Information Systems,
cn=mail.zikri.com" -DomainName autodiscover.zikri.com,
exchsrv.corp.zikri.local, ocs.zikri.com -PrivateKeyExportable $True
Perintah di atas menghasilkan sebuah nama utama: mail.zikri.com dan beberapa nama alias lainnya. Request key yang harus 'dilaporkan' ke pihak otoritas yang kita pilih adalah seperti yang dihasilkan di c:\certreq.txt.
Proses selanjutnya adalah verifikasi bahwa Anda benar-benar memiliki otoritas atas nama domain yang Anda daftarkan. Ada beberapa alternatif yang mungkin akan mereka lakukan. Di antaranya adalah meminta Anda memasukkan sebuah file yang berisi kode tertentu pada root directory dari server www di domain Anda. Jika otorisasi sukses, Anda akan mendapatkan certificate yang diinginkan. Masukkan certificate ini ke Internet Information Services console pada Exchange Server (CAS) Anda.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 3rd Party Exchange Certificate ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 3rd Party Exchange Certificate
 

0 komentar:

Posting Komentar