Step by Step Installasi FREENAS 7 ( iSCSI Target shared storage pada Clustering Server )

FreeNAS adalah salah satu Distro BSD yang di kembang khusus untuk berfungsi sebagai Storage Server. Selain FreeNAS, kita juga dapat mengunakan OpenFiler ataupun RockCluster, dll. Tentunya FreeNAS ini sebagai solusi yang murah meriah dibandingkan kita membeli NAS yang sudah jadi yang saat ini harganya sekitar 50 juta rupiah hingga 200 juta rupiah. Solusi FreeNAS ini memberikan penghematan hingga > 50% jika kita bangun pada Server yang cukup kuat seharga 25 jutaan ( Harddisk dan PowerSupply sudah HotSwap loh )…


























Lakukan setting iSCSI Target dari FreeNAS ini.

Lakukan Format harddisk iSCSI Target dari FreeNAS kita.

Sampai disini installasi FreeNAS sebagai iSCSI Target yang akan kita fungsikan sebagai Shared Storage untuk Clustering Server telah siap digunakan. Tahap berikutnya yang harus di lakukan adalah installasi iSCSI Initiator yang berfungsi untuk membuat External Storage menjadi Local Storage pada Server kita sehingga External Storage tersebut dapat kita fungsikan sebagai Quorum Disk dan sebagai Shared Disk untuk FileServer.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Step by Step Installasi FREENAS 7 ( iSCSI Target shared storage pada Clustering Server ) ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 23 Februari 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Step by Step Installasi FREENAS 7 ( iSCSI Target shared storage pada Clustering Server )
 

2 komentar: